BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

2.10.09

kehilangan



kehilangan,
mungkin menjadi suatu hal yang dibenci oleh sebagian dari kita. akan ada yang kita rindukan. sedikit atau sangat, tentu rasa 'sakit' itu pernah ada.
setiap mereka yang bernyawa pasti pernah merasakan sakitnya perpisahan dan kehilangan. meninggalkan atau ditinggalkan. dengan kemauan atau paksaan. sakitnya bukan hanya karena we suddenly realize if there was something missed. tapi lebih dari itu. entah bagaimana membahasakannya, yang aku ingat rasanya sesak dan mau pecah. sakitnya di dalam dan aku ngga tau pasti which part called 'di dalam'... aku cuma tau, sakitnya itu ada di sini *crossing my palm over my chest
pernah aku tanyakan ke diriku sendiri. so, how? kita ngga mungkin menghindari perpisahan dan kehilangan. setiap manusia pasti akan mendapat kesempatan itu.
well, aku rasa yang kita perlukan bukanlah menghindarinya. melainkan sebuah hal yang harus kita persiapkan jauh jauh jauh hari sebelum nya, yaitu sebelum kita memutuskan untuk memiliki.
banyak hal di dunia ini yang kita miliki dengan persetujuan kita. barang2 yang kita beli, tas2 mahal, jam tangan ber-cap internasional, macbook or whatever. dan atau sesuatu yang lebih abstrak, sebuah komitmen, pernikahan, relationship, friendship... i mean; purchased, brought, commitment >> yaa, sebuah kepemilikan yang telah kita 'atur sedemikian rupa' sebelumnya.
satu hal, kita ngga akan merasa kehilangan kalo kita tidak pernah merasa memilikinya. kita ngga akan tau gimana rasanya kehilangan jam rollex kalo kita ngga pernah punya jam rollex. kita ngga akan merasa kehilangan pacar kalo kita ngga pernah punya pacar. sangat logis dan realistis. yang membuat kita merasa kehilangan adalah KARENA KITA PERNAH MEMILIKINYA.
bukan maksudku untuk ngomong, 'so dont ever decide to buy anything or build any relationship'. bukan itu pointnya. yang aku maksud di sini adalah apa yang harus kita punya sebelum memutuskan untuk memiliki sesuatu, yaitu suatu pemahaman bahwa kita sudah siap untuk kehilangan sesuatu tersebut.



SIAP MEMILIKI means SIAP KEHILANGAN. kalo belum merasa siap untuk kehilangan, maka jangan memutuskan untuk memiliki karena kita harus sadar bahwa ketika kita memutuskan untuk memiliki, kita sudah punya 1 resiko yaitu akan kehilangan.
sakit karena kehilangan itu manusiawi. tapi akan lebih baik kalo sebelumnya kita udah mempersiapkan diri untuk itu, jadi ngga 'kaget'.
ya. hal inilah yang sedang aku coba terapkan di diriku sendiri. setiap mau beli sesuatu, aku selalu nanya ke diriku sendiri. "udah siap untuk kehilangan?". kalo aku udah berani menjawab, "siap", baru aku ambil barang itu.
dan rule itupun berlaku untuk kehidupanku ke depan. if someone ask me for being his wife, aku akan nanya hal yang sama. ke diriku sendiri, dan ke dia. kalo kami berdua udah merasa siap kehilangan, berarti kami udah siap untuk saling memiliki (:


love and loves

^^

0 comments: